Perkembangan Sistem Operasi Android


BAB I
PEMBAHASAN



A. Sejarah Singkat Sistem Operasi ANDROID

            Pada awalnya, Android dikembangkan oleh perusahan Android Inc. Dengan bantuan finansial dari Google.  Android Inc. Sendiri didirikan pada tahun 2003 dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital. Android akhirnya mengalihkan peruntukkan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Namun pada tahun 2005 perusahaan Android diakuisisi oleh perusahaan besar Google dan menjadi anak perusahaan Google, dimana para pendirinya tetap bekerja di perusahaan yang telah diakuisisi Google.
            Pada tahun 2005 untuk memulai pengembangan pada Platfrom Android yang menjanjikan keterbukaan, kemudahan untuk menjangkau, source code yang terbuka, dan pengembang framework yang high end. Tokoh utama pada Android Inc. Meliputi Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Pada tanggal 5 November 2007, kelompok pemimpin industri bersama-sama membentuk Open Handset Alliance (OHA) yang diciptakan  untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat mobile. OHA terdiri dari 34 anggota besar dan beberapa anggota yang terkemuka diantaranya sebagai berikut : Sprint Nextel, T-Mobile, Motorola, Samsung, Sony Ericsson, Toshiba, Vodafone, Google, Intel dan Texas Instrument.
Android Software Development Kit (SDK) dirilis pertama kali pada 12 November 2007 dan para pengembang memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik dari pengembangan SDK tersebut. Pada bulan September 2008, T-Mobile memperkenalkan ketersediaan T-Mobile GI yang merupakan smart phone pertama berbasiskan platform Android. Kemudian, Google merilis Android SDK 1.0 Google membuat source code dari platform Android menjadi tersedia saat ini dibawah licensi Apache’s open  source 2.0 Modifikasi kernel Linux berlicinsi GNU GPL v2. Hingga saat ini berkembang pesat, dengan  luncuran terakhir, yaitu 5.0.2 Lollipop pada 19 Desember 2014.

Perkembangan Sistem Operasi Android.Pdf   ||   DOWNLOAD




Share on Google Plus

About muhammad imam

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment