8 Saran Untuk Fokus yang Lebih Baik & Gambar yang Lebih Tajam

Canon EOS 60D f/5.6 1/20sec ISO-100 44mm
Salah satu tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh banyak amatir seperti saya ini hehehe, dan bahkan profesional yang telah berpengalaman adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan fokus yang sangat tajam saat membingkai bidikan. Ok langsung saja sobat kita simak 8 alasan tersebut untuk memperbaiki kesalahan.

1. Menyesuaikan Diopter
Diopter adalah tombol kecil yang terletak di dekat jendela bidik Canondan fungsinya adala mengubah panjang fokus lensa. Bermain-main dengan diopter tidak akan memengaruhi sistem fokus otomatis kamera. Diopter hanya memengaruhi bagaimana mata anda melihat gambar melalui jendela bidik. Sebenarnya diopter tidak membuat sistem fokus otomatis bekerja dengan baik, tetapi berguna saat menggunakan fokus manual. Lakukan eksperiman dengan tombol diopter sampai huruf dan angka terlihat bening tajam di jendela bidik anda.

2. Kecepatan Rana dan Tripod
Mengganti ke kecepatan rana yang lebih tinggi akan mengurangi atau menghilangkan keburaman foto anda. Tripod juga membantu mengurangi guncangan kamera dan memastikan gambar anda  tetap tajam dan fokus. Kalau sobat tidak memiliki tripod atau sobat susah memanggulnya, gunakan satu kaki di depan kaki lain dengan lutut sedikit ditekuk, lengan terkunci dan sedekat mungkin ke tubuh sobat, dan letakkan pusat gravitasi di kaki sobat. Posisi ini akan mencegah sobat mengayun ke depan dan kebelakan, khususnya jika sobat menggunakan kombinasi kamera DSLR dan lensa yang sangat berat.

3. Membantu Sistem AF DSLR Sobat
Sistem AF kamera Sobat bekerja dengan menggunakan garis dan warna yang kontras, jadi sistem ini kurang bermanfaat ketika titik fokus tengah adalah subjek yang tidak memiliki kekontrasan yang jelas, seperti pipi seseorang,dinding mulus, atau langit biru yang cerah. Berikan bantuan kepada sistem ini dengan menggerakkan titik fokus tengah ke sesuatu yang memiliki kekontrasan, seperti garis antara langit dan tanah, mata subjek sobat, atau retakkan kecil di dinding yang mulus. Hal ini akan memungkinkan sistem AF beroprasi dengan baik.
4. Bersihkan Lensa
Membersihkan lensa sobat dengan cermat dapat menimbulkan perbedaan antara gambar buram dan fokus yang lemah dengan potret yang indah. DSLR sobat mampu meghilangkan sebagian besar debu dab kotoran selama proses pembersihan sensor tetapi ada kalanya beberapa titik debu sangat keras kepala menempel walaupun kamera sudah berusaha sebaik mungkin. Partikel debu akan mengganggu sistem AF kamera sobat, menghasilkan foto di luar fokus. Maka dari itu cermatlah seminggu sekali membersihkan kamera sobat. Fokus dan ketajaman gambar sobat akan meningkat secara dramatis.

5. Memahami Seluk-beluk Sistem AF Kamera Sobat
Bujur sangkar kecil yang sobat lihat melalui jendela bidik sesungguhnya titik fokus kamera sobat dan memahami cara kerjanya adalah kunci meraih fokus yang lebih tajam. Umumnya, kamera langsung fokus kepada subjek terdekat dengan kamera menjadi titik fokus-salah satu bujur sangkar itu akan menyala merah. Untuk mendapatkan fokus yang lebih bagus, akan lebih baik memilih titik fokus sobat secara manual. Sebagian juru foto memilih titik fokus tengah, yang merupakan cara paling akurat, dan mengatur ulang komposisi dari titik itu.
6. Fokus Manual
Metode terbaik untuk mendapatkan gambar yang sangat tajam adalah melakukannya secara manual. Dengan diopter yang diatur dengan tepat, mengarahkan fokus secara manual dapat mendapatkan fokus terbaik dan paling akurat, khususnya sekarang sebagian besar kamera dilengkapi dengan Live Mode, yang memungkinkan sobat menyorot dan memeriksa ketajaman di layar LCD. Menguasai fokus secra manual pun akan menjadikan sobat juru foto yang lebih baik.

7. Fokus Manual, Kemudian Fokus Otomatis
Bantu lensa sobat dengan mengatur fokus secara manual sedekat mungkin ke subjek sebelum berganti kembali ke fokus otomatis dan membiarkan DSLR mengambil alih sisa gerakan. Jika hal ini cukup merepotkan, alternatif yang lebih mudah adalah menekan separuh tombol rana sebanyak dua kali sebelum memotret. Menekan separuh pertama memungkinkan sistem AF fokus sedekat mungkin kepada subjek sementara menekan separuh kedua mengijinkan sistem memolesnya Gerakkan menekanseparuh sebanyak dua kali ini lebih dari cukup untuk mendaptkan fokus tajam.
8. Gunakan Mode Fokus Otomatis yang Tepat
Kadang-kadang, mendapatkan fokus yang lebih tajam sama sederhananya dengan memilih mode fokus otomatis paling cocok yang ditawarkan kamera sobat. Untuk memahami beraneka ragam mode AF bawaan - One Shot, AL Servo, dan Al Focus.
Setelah benar-benar yakin bahwa subjek dan kamera tidak akan bergerak, pilih Mode One Shot. Ketika menekan separuh tombol rana, sistem AF akan menemukan fokus terbaik. 
Gunakan Mode Al Servo ketika subjek terus menerus bergerak. kamera akan berusaha untuk meramalkan gerakan dan posisi subjek sebelum menggerakkan lensa untuk mencegat subjek di posisi yang baru. 

Al Facus memadukan One Shot dan Al Servo sehingga seharusnya digunakan ketika sobat tidak yakin apakah subjek akan bergerak atau tidak.

Sumber : Book PhotoYou
Terima Kasih, Salam jepreeett...
Share on Google Plus

About muhammad imam

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment