Mengenal Diri Sendiri (KNOW YOUR SELF)

Apakah diri anda atau diri saya sendiri pribadi sudah mengenal diri kita sendiri??! Jawabannya ada pada diri teman sendiri dan pada diri saya sendiri. Mengenal Diri Sendiri sangatlah penting dimana saya/anda sangat perlu mengenal siapa dirinya yang sebenarnya, sehingga ia mengenal kebenaran. Mengenal Diri Sendiri adalah Awal Mengenal Kebenara (Gnooti Seauton/Know Yourself). Yang membuat orang mampu berkomunikasi dengan orang lain secara Otentik, tanpa kepalsuan dan tanpa topeng.




Manfaat dan Tujuan Mengenal Diri :

  1. Seseorang dapat mengenal kenyataan dirinya, dan sekaligus kemungkinannya serta diharapkan mengetahui peran apa yang harus dilakukan untuk mewujudkannya.
  2. Sebaliknya, orang yang tidak mengenal dirinya, tidak mengetahui apa yang harus dikerjakan dan dikembangkan.
  3. Tidak memahami Potensi Diri akan membuatnya sulit mengarahkan diri kepada tujuan hidupnya, sehingga muncul kegagalan.

Cara Mengenal Diri :

  1. Bersikap Terbuka (Open Minded) terhadap Kritik dan Saran.
  2.  Penelusuran Bakat dan Kepribadian.
  3.  Pengalaman Sehari-hari.
  4.  Kebersamaan dengan orang lain.
  5.  Repleksi dan Perenungan diri pribadi merumuskan potret diri sendiri.

Kepribadian :

Organisasi Dinamis di dalam Individu yang terdiri darisistem-sistem Psikofisik yang menentukan tingkah laku dan pikirannya secara Karakteristik dalam menyesuaikan diri terhadap Lingkungan.(G.Allport)
 
Organisasi Dinamis : 
Kepribadian itu selalu berkembang dan berubah meskipun ada suatu sistem organisasi yang mengikat dan menghubungkan berbagai komponen dari kepribadian kita.
 
Psikofisik :  
Organisasi kepribadian melingkupi kerjatubuh dan jiwa (tak terpisahkan) dalam satu kesatuan. 


==>> Sebelumnya Saya minta maaf kepada Bapak dosen. Saya telah mempublikasikan Materi perkuliahan Pengembangan Diri. Tujuan Saya membantu sobat-sobat yang mungkin juga butuh pembelajaran ini terutama pada Kepribadian Diri Terutama Pribadi Diri saya sendiri.
Share on Google Plus

About muhammad imam

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment